Hari Pertama Lomba MTQ Riau di Rohil, Ini Cabang yang Diikuti Bengkalis

  • Senin, 25 Juli 2022 - 10:38:02 Wib
  • Dibaca : 836 Kali
Hari Pertama Lomba MTQ Riau di Rohil, Ini Cabang yang Diikuti Bengkalis
Teks foto: Peserta Tahfiz 5 Juz Tilawah, M Danil Syahrizal saat tampil pada MTQ Riau ke-40 di Rokan Hilir

Comment Images
Babam Suryaman
Reporter

ROHIL - Lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) resmi dimulai hari ini, Senin 25 Juli 2022. Pada hari pertama perlombaan di MTQ ke-40 itu, sejumlah peserta utusan Kafilah Kabupaten Bengkalis ikut bertanding.

Diantaranya, Tilawah Al-Qur'an Tartil putra putri atas nama Muhammad Faris dan Husna Afiqah Batrisyia. Kedua peserta asal Kecamatan Bengkalis itu bertanding di Masjid At-Tauhid, Jalan Kecamatan Batu 4 Rohil.

Berdasarkan pencabutan maqro online, Muhammad Faris membacakan Surah At-Taubah ayat 17. Sedangkan Husna, melantukan Ali-Imran ayat 149.

Selanjutnya, Tilawah Al-Qur'an Anak-Anak. Adeksa Asnandani dan Fitria Humairo tampil di astaka arena utama MTQ. Di babak penyisihan kali ini, Adeksa membacakan Ali Imran ayat 156 sedangkan Fitria Humairo, surah yang dibaca Al-A'Raf ayat 189.

Peserta lain yang tampil perdana, Qira'at Al-Qur'an Murattal Remaja putra dan putri. Pesertanya Rafiq Al Indra dan Nurul Syarifutri Alfaini.

Rafiq pemilik nomor peserta TQ-6-02 itu mendapatkan maqro Surah Al-Ma'idah ayat 72, sedangkan Nurul mendapatkan ayat Al-Qur'an surah Al-A'raf ayat 40. Keduanya tampil di Masjid Raya Al-Ikhlas, Jalan Pahlawan Rohil.

Lalu, Tahfiz 1 Juz Tilawah. Lomba MTQ yang menggabungkan antara lantunan tilawah dan hafalan Al-Qur'an ini peserta dari Kafilah Kabupaten Bengkalis adalah Jamal Abdillah dan Siti Zulaikha.

Untuk tilawahnya, Jamal mendapatkan maqro Surah Al-Baqarah ayat 197 sedangkakan Siti mendapatkan maqro Al-Baqarah ayat 122. Kedua peserta asal Kecamatan Bengkalis dan Bantan itu tampil perdana di Masjid Raya Al-Ikhsan, Jalan Pahlawan Rohil.

Selanjutnya, Tahfiz 5 Juz Tilawah. Kabupaten Bengkalis diperkuat M Danil Syahrizal dan Dita Herwiyananda. Danil, peserta kelahiran Bantan Tua 2 Juni 2005 itu membacakan maqro Surah Al-A'raf : 85.

Sedangkan Dita, haffizah yang kini berdomisili di Sungai Pakning, Bukit Batu itu membacakan Surah Al-An'am : 130. Keduanya bertanding di Masjid Ar-Ridho, Jalan Perniagaan Ujung.

Lalu, Tafsir Al-Qur'an Bahasa Arab. Bengkalis hanya diperkuat putri saja, atas nama Fitri Hanifa. Gadis asal Rupat itu bertanding di Masjid Al-Kautsar, Bagan Punak.

Kemudian, Syarhil Qur'an dan Fahmil Qur'an. Lomba MTQ beregu tersebut, khusus Syarhil Qur'an Putra peserta Bengkalis atas nama Fauzil Adhim (Bantan), Igra Faras Virera (Bengkalis) dan Zul Elmi Hakiki (Bengkalis.

Sedangkan Syarhil Qur'an Putri, tim Kafilah Bengkalis kali ini kombinasi antara Bantan dan Rupat, pesertanya Desi Erianti (Bantan), Masriyani (Rupat) dan Zahratul Hayati (Bantan).

Kedua grup yang dilatih oleh H Ahmad Pamuji dan Hj Razmah Alwi itu tampil Aula Gedung DLH, Komplek Perkantoran Batu 6, Rohil.

Adapun Fahmil Qur'an, berdasarkan informasi Koordinator lomba tersebut, Mahzum menjelaskan tampil perdana hanya regu putri saja, atas nama Nur Adila (Bandar Laksamana), Nurul Syafika (Bandar Laksamana) dan Trisna Eka Sari (Bengkalis).

Sedangkan Fahmil Qur'an Putra akan bertanding keesokan harinya, Selasa 26 Juli 2022 di Gedung LAM Rohil.

Sementara di Gedung Misran Rais, Jalan Utama, peserta Khattil Qur'an Naskah dan Kontemporer asal Kabupaten Bengkalis sudah bertanding sejak pukul 08.00 WIB.

Lomba yang akan berakhir sekitar pukul 17.00 WIB itu, peserta Naskah dari Bengkalis atas nama Syaikhul Ansor dan Mira Karyani. Keduanya berasal dari Kecamatan Bengkalis.

Sedangkan Kontemporer, seni kaligrafi yang kini dibina Muhammad Subandi dan Satria Effendi, Bengkalis mengutus Ardi Kurniawan (Mandau) dan Opi Prastantia (Bengkalis).

Lomba lainnya yang mulai bertanding dari pagi sampai sore, adalah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an. Berlokasi di Gedung Bappeda Rohil, dua peserta Bengkalis ikut berjuang mengharumkan nama Negeri Junjungan. Mereka adalah, Wahyu Subakti dan Juliana.

Peserta lainnya yang bertanding dihari pertama adalah Tilawah Remaja atas nama Samsul Bahari (Bengkalis) dan Nurhazmizah (Bandar Laksamana). Samsul membawakan Surah Hud : 6, sedangkan Nurhazmizah Hud ayat 36.

Qira'at Al-Qur'a Murattal Dewasa juga tampil. Jamaludin (Rupat Utara) dan Nelvita Susanti (Mandau). Surah yang dibaca Jamaludin adalah Yunus : 61, sedangkan Nelvita An-Nur : 11.

Tahfiz 10, 20, 30 juz juga tampil. Lomba yang diagendakan mulai pukul 13.00 WIB itu, golongan 10 juz pesertanya Safwan Saputra (Bengkalis) dan Alfianti Agustina (Bukit Batu)

Golongan 20 juz atas nama Ivan Syahputra (Bengkalis) dan Sindi Klaudia (Bukit Batu). Sedangkan hafalan Al-Qur'an 30 juz putra Tengku Muhammad Owais Arief (Mandau) dan Annisa Azzahra (Bengkalis).

Dimalam harinya, Bambang Irawan (Bantan) dan Femty Nanda Putri (Bengkalis) tampil di astaka utama MTQ Rohil. Bambang berkesempatan melantukan surah Al-Fath ayat 1, sedangkan Femty, ayat Al-Qur'an yang dibaca adalah Al-Furqan ayat 21.

Comment Images
H. Adi Sutrisno
Editor
Comment Images
Haliyun Na'im
Fotografer